5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif Dan Inovatif

ide-bisnis-kreatif-dan-inovatif

Ada banyak alasan mengapa Anda mendasari mengapa Anda biasanya menemukan kesulitan untuk memulai bisnis atau bisnis baru. Selain alasan klasik mengapa modal yang tidak memadai, yang tidak kalah pentingnya adalah karena Anda belum menemukan ide bisnis.

Tidak jarang bagi orang-orang bisnis yang segera memulai bisnis dan ide bisnis yang tidak direncanakan yang hati-hati, sehingga upaya itu sepi dan akhirnya keluar dari tikar. Tentu saja kita tidak mau, kan?

Bahkan, bisnis yang muncul dari ide-ide kreatif dan disaksikan dengan rencana bisnis penuh memiliki peluang besar untuk keberhasilan dibandingkan dengan perusahaan yang hanya meniru perusahaan yang sudah ada.

Terutama ketika kondisi ekonomi seperti hari ini, di mana daya beli masyarakat menurun secara dramatis sementara harga kebutuhan dasar semakin tinggi. Dielvisnya, ide bisnis yang benar-benar kreatif dan inovatif diperlukan yang masih bisa ada bahkan selama periode krisis.

Cara paling sederhana untuk menemukan ide bisnis.

Sebenarnya, tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal paling mendasar yang harus Anda lakukan adalah membaca kondisi lingkungan di mana bisnis akan diadakan.

Pada prinsipnya, bisnis muncul sebagai solusi untuk masalah yang terjadi. Misalnya, bisnis kuliner merasa di lingkungan pemukiman siswa karena sebagian besar siswa tidak punya waktu untuk memasak dan menyiapkan makanan mereka sendiri.

Oleh karena itu, semakin jeli kita dapat membaca situasi, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi. Pada gilirannya, menyebabkan ide-ide bisnis kreatif dan inovatif akan ringan.

Jadi, apa masalahnya di mana Anda tinggal? Apa ide Anda untuk memberikan solusi untuk masalah ini?

Jika dua pertanyaan sebelumnya dijawab dengan baik, maka Anda dapat yakin, ide Anda adalah prekursor bisnis!

Ide Bisnis dan Bisnis Inovatif

Milan Kundera, novelis paling terkenal mencatat Republik Ceko yang hanya memiliki 2 fungsi, yaitu inovasi dan pemasaran.

Inovasi adalah setiap ide, produk, acara, metode yang merasakan atau mematuhi apa sesuatu yang baru untuk seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik dalam bentuk hasil penemuan dan musik disk. Inovasi kadang-kadang dianggap sama untuk secara kreatif.

Di dunia bisnis, inovasi dapat dipahami sebagai penemuan baru yang berbeda dari yang ada atau diketahui sebelumnya, bertujuan untuk memulai atau meningkatkan produk, proses atau layanan.

Nah, untuk dapat menemukan ide bisnis atau bisnis yang cukup inovatif, setidaknya ada 5 sumber inspirasi yang bisa menjadi referensi. Lihat gambar di bawah ini.

Metode 1: Membuat penelitian produk dan bisnis.

Melakukan penelitian produk adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa produk atau bisnis yang akan kami luncurkan akan menerima "tempat" di pasar.

Dengan bantuan media internet melalui fasilitas navigasi, sekarang sangat mudah untuk diselidiki untuk menemukan ide-ide inovatif untuk produk atau bisnis.

Cukup tulis kata kunci tertentu yang terkait dengan ide di kepala Anda, lalu tekan tombol Enter dan habiskan berbagai produk serupa atau terkait terkait dengan ide bisnis Anda.

Nah, dari pencarian ini, bisa sangat mudah untuk mengintegrasikan beberapa produk atau bisnis yang ada dan Mermaiana lagi menjadi bisnis inovatif baru. Anda juga dapat menggunakan Internet untuk menentukan apakah ide bisnis benar-benar asli dan belum berlipat ganda di tempat lain.

Metode 2: Belajar dari kesuksesan bisnis lain.

Perusahaan yang telah berhasil dan didirikan harus memiliki serangkaian keuntungan. Ketika Anda mengetahui keunggulannya, Anda juga dapat mulai membangun bisnis baru yang serupa, tetapi dengan beberapa nilai yang lebih berbeda dengan bisnis asli.

Konsep sederhana adalah ATM: amati, meniru dan memodifikasi. Jadi, ke mana pun Anda pergi, semua yang Anda temukan dapat berupa ide bisnis untuk Anda duplikasi kreatif.

Karena itu, tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis. Tes berat biasanya terjadi pada tahap bagaimana memulai bisnis sehingga Anda dapat berhasil dan mengatur.

Nah, pada tahap ini, apakah Anda pernah berpikir tentang bagaimana meniru sebuah perusahaan yang telah ada dan kemudian mengganti merek dengan nama yang Anda sukai dan memberikan "nilai tambah" untuk bisnis?

Metode 3: Inspirasi masalah pribadi.

Terkadang, masalah yang kita alami secara pribadi bisa menjadi ide bisnis yang brilian. Mempelajari contoh adalah munculnya gagasan layanan aplikasi aplikasi Go-Jek.

Pendiri NobodyM Makarim pernah berkata bahwa gagasan Go-Jek benar-benar muncul karena dia sering menemukan taksi sepeda motor untuk hang out begitu lama untuk menunggu kemungkinan penumpang.

Terinspirasi oleh masalah ini, akhirnya gagasan kreatif bagi siapa pun tampaknya membuat permintaan yang dapat membantu pengemudi taksi sepeda motor menemukan penumpang masa depan, atau penumpang sebaliknya yang segera menemukan pengemudi taksi teknologi melalui bantuan teknologi.

Metode 4: Belajar dari masalah orang lain.

Anda juga dapat melakukan ide bisnis dengan mempelajari dan menganalisis masalah yang dikelola oleh orang lain yang terkait dengan produk atau perusahaan yang sedang berjalan.

Khusus untuk tahap ini, kekuatan data yang terkandung dalam entri setiap klien adalah salah satu persyaratan. Jika entri klien melalui kesaksian langsung, email, obrolan dan keluhan dapat dianalisis dengan benar, bukan tidak mungkin untuk muncul ide bisnis baru yang lebih baik di pasar.

METODE 5: AMATI TREND YANG SEDANG BERKEMBANG

Metode selanjutnya untuk bisa menemukan sebuah ide bisnis adalah dengan memperhatikan trend yang sedang berkembang. Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta.

Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif.

Contoh kasus adalah trend politik pilkada saat ini. Setidaknya, dengan rencana pelaksanaan pilkada pada sejumlah daerah membuat kita bisa mencari ide bisnis kreatif dan inovatif terkait dengan kegiatan kampanye para kandidat calon kepala daerah.

Nah, apa ide kreatif Anda untuk membantu kegiatan kampanye para kandidat? Apakah itu bernilai bisnis?

Memunculkan Ide Kreatif dengan Out of The Box Thinking

Ide-ide kreatif dan inovatif cenderung keluar dari pola pikir normatif yang lumrah kita jumpai. Dalam proses menemukan ide bisnis yang kreatif, kita disarankan untuk berpikir di luar kotak (out of the box thinking).

Prinsipnya adalah pikirkan hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain! Jika Anda mampu melakukannya pada setiap tahap dan sumber inspirasi ide bisnis di atas, maka Insya Allah akan mudah menemukan ide bisnis kreatif yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ingat, ide bisnis yang Anda telorkan sebaiknya harus mampu menjawab permasalahan yang ada. Tanpa kemampuan solutif menyelesaikan masalah customer, sebuah produk atau bisnis tidak akan berkembang dengan baik.

Jika ide bisnis Anda benar-benar kreatif dan inovatif, memberikan nilai kebermanfaatan bagi orang lain, maka kegiatan marketingnya akan semakin mudah dan tidak butuh biaya banyak.

Masih ingat kan dengan kata Milan Kundera? Bisnis hanya memiliki 2 fungsi saja, yakni inovasi dan marketing. Jika inovasi Anda bagus dan tepat guna, maka menjualnya ke orang lain akan mudah dilakukan.

So, apa ide bisnis Anda saat ini?

Silahkan share pada bagian komentar di bawah ini agar setiap orang tahu Anda mau membuat bisnis apa sehingga teman-teman yang lain bisa mendoakannya agar segera terwujud dengan sukses.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url